Fakultas Teknik adakan pelatihan PLP (Pranata Laboratorium Pendidikan)

Diklat yang diadakan di Ruang Seminar Teknik Elektro ini dihadiri oleh kurang lebih 45 orang Peserta Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) dan Teknisi Laboratorium serta Kepala Laboratorium di Lingkungan Fakultas Teknik Unila. Kegiatan ini diinisiasi oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro Bpk. Ardian Ulvan, Ph.D. dan narasumber utama adalah Bpk.Andi Setiawan Ph.D. dari Fakultas MIPA Unila, diklat dilaksanakan sehari penuh selain pembekalan materi juga praktek.

Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) /Laboran adalah Tenaga Kependidikan yang bekerja dalam pengelolaan laboratoriun dalam rangka kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Keberadaan PLP/Laboran di suatu laboratorium sangatlah penting dalam menentukan keberhasilan kegiatan akademik. Untuk itu, PLP/Laboran seyogyanya memiliki hard skills dan soft skills yang memadai. Inisiatif, ketekunan, kreatifitas, kecakapan dan keterampilan serta pengetahuan yang dikuasai oleh PLP/Laboran, membantu efisiensi dan efektifitas serta produktifitas serta kualitas layanan dari laboratorium yang dikelola oleh Perguruan Tinggi.

Dr. Andi Setiawan, M.Sc. Nara Sumber pelatihan PLP

Kegiatan Diklat ini dilaksanakan untuk pengembangan diri untuk peningkatan kemampuan dan kompetensi bagi PLP/Teknisi. Selain itu agar PLP dapat memahami PLP/Laboran adalah orang yang bertugas membantu aktivitas mahasiswa atau dosen di laboratorium dalam melakukan suatu kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. PLP/Laboran juga meliputi:
a. Teknisi, yaitu orang yang berperan untuk beroperasinya peralatan laboratorium misalnya listrik, air, komputer dan perbengkelan, disamping pemeliharaan/ perawatannya.
b. Analisis; yaitu orang yang mempunyai keahlian untuk melakukan analisis pada bidang tertentu.

Tugas pokok PLP/Laboran adalah mengelola laboratorium melalui serangkaian kegiatan perancangan kegiatan laboratorium, pengoperasian peralatan dan penggunaan bahan, pemeliharaan/ perawatan peralatan dan bahan, pengevaluasian sistem kerja laboratorium, dan pengembangan kegiatan laboratorium baik untuk pendidikan, penelitian, dan/atau pengabdian kepada masyarakat.

Syamsul Huda, Kabag TU Fak. Teknik memberikan arahan terkait Tugas dan fungsi PLP

Pada kegiatan ini juga dipaparkan tentang jenjang Jabatan, golongan, angka kredit, tunjangan jabatan dan batas usia pension PLP. Penjelasan tentang bagaimana pengumpulan angka kredit bagi PLP yang sesuai dengan Peraturan Mentri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 03 Tahun 2010.

Check Also

FORUM BKS-PTN BARAT BIDANG ILMU TEKNIK ADAKAN RAPAT DI UMRAH

Fakultas Teknik Universitas Lampung sebagai Ketua Bidang Ilmu Teknik BKS-PTN Barat, menyelenggarakan rapat Forum Teknik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: