SENAPATI 2020

 

Pelaksanaan Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat dan Inovasi 2020 oleh Fakultas Teknik Universitas Lampung

Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat dan Inovasi 2020 yang dilaksanakan secara daring oleh Fakultas Teknik Universitas Lampung pada hari Selasa, 22 s.d. 23 September 2020 mengusung tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat untuk Pembangunan Berkelanjutan”. Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung, Prof. Drs. Ir. Suharno, M.S., M.Sc, Ph.D., IPU., ASEAN Eng, mendukung penuh kegiatan Senapati 2020 sebagai bagian dari tridharma perguruan tinggi, yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat merupakan aktualisasi penelitian dalam memberikan solusi kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat bukan merupakan beban tambahan, tetapi justru menjadi basis pijakan untuk berkontribusi lebih besar kepada Indonesia.
Acara Senapati 2020 yang diikuti oleh 80 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dibuka oleh Rektor Universitas Lampung yang diwakili oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Lampung (LPPM Unila), Ibu Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A. Pengabdian kepada masyarakat menerapkan, mengamalkan, dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi guna memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa; penyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat dengan memanfaatkan keahlian sivitas akademika yang relevan; pemanfaatan teknologi tepat guna; bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; bahan ajar atau modul pelatihan untuk pengayaan sumber belajar.
Ketua Panitia Senapati 2020, Dr. Dyah Indriana K, S.T.,M.Sc, mengatakan bahwa pengabdian kepada masyarakat adalah muara dari aktualisasi kegiatan ilmu, baik pendidikan maupun penelitian, adalah pengabdian pada masyarakat. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat dan Inovasi 2020 memberikan ruang kepada akademisi dalam menyampaikan hasil penelitian yang diabdikan kepada masyarakat.
Keynote speaker Senapati 2020 adalah Dr. Ir. Satria Jaya Priatna, M.S., Reviewer DRPM DIKTI dari Universitas Sriwijaya Sumatera Selatan dengan judul “PENGABDIAN MASYARAKAT UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (DI ERA COVID-19)” dan Dr. Ir. Sri Ratna Sulistiyanti, Reviewer DRPM DIKTI dari Universitas Lampung dengan judul “Sinergi Perguruan Tinggi—Masyarakat Melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat” yang dimoderasi oleh Dr. Eng. Lukmanul Hakim, S.T., M.T. dari Universitas Lampung.Seminar daring dilaksanakan dengan mengikuti protokol COVID-19 dengan fasilitas yang disediakan oleh Fakultas Teknik Universitas Lampung dan UPT TIK Universitas Lampung.

Check Also

APEL PAGI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS LAMPUNG 2019

APEL PAGI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS LAMPUNG 2019 untuk kali pertama Fakultas Teknik Universitas Lampung melaksanakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: