Unila Terpilih Sebagai Partner Konferensi Internasional MIMEC 2015

(Unila): Universitas Lampung (Unila) melalui Jaringan Kerja sama Internasional untuk Program Sains, Teknologi, dan Edukasi (INSTEP network) terpilih sebagai partner dalam penyelenggaraan konferensi internasional bidang teknik material, teknologi industri dan manufaktur (MIMEC 2015) yang diorganisir oleh Fakultas Kejuruteraan Mekanik (Faculty of Mechanical Engineering), UniversitiTeknologi Malaysia (UTM), Johor Bahru, Malaysia.
Konferensi internasional yang akan dilaksanakan pada 4 hingga 6 Februari 2015 di Hotel Bali Nusa Dua Convention Centre tersebut merupakan seri yang kedua setelah sebelumnya sukses dilaksanakan pada tahun 2013 di Johor Bahru, Malaysia.

Salah satu anggota komite kegiatan yang juga dosen Unila Dr. Irza Sukmana dalam rilisnya mengatakan, pada penyelenggaraan seri pertama MIMEC 2013, jumlah peserta yang mengikuti konferensi berkisar 250 orang yang berasak dari 28 negara.

Pihak penyelenggara menargetkan jumlah peserta dan cakupan negara asal peserta yang lebih besar untuk MIMEC 2015. Dari data terakhir panitia menunjukkan jumlah peserta yang telah mengirimkan abstrak maupun artikel lengkapnya untuk berpartisipasi hingga saat ini mencapai 450 orang dari 38 negara.

Beberapa dosen Unila yang terlibat dalam komite kegiatan tersebut di antaranya Dr. Abdurrahman Abe, Dr. Amrizal Nalis, Dr. Gusri Akhyar Ibrahim, Dr. Helmy Fitriawan, dan Dr. Suryadiwansa Harun. Mereka pada umumnya merupakan dosen dari Fakultas Teknik Unila.

“Panitia masih membuka kesempatan bagi para peneliti dan dosen di lingkungan Unila maupun universitas negeri dan swasta lain di Provinsi Lampung untuk berkontribusi dalam kegiatan tersebut. Informasi lengkap mengenai MIMEC 2015 konferensi internasional dapat dilihat pada website www.mimec.me.,” ujarnya.
Dengan pelaksanaan kegiatan konferensi internasional tersebut, Unila berharap staf pengajar ikut berkontribusi dalam publikasi di jurnal-jurnal internasional yang bereputasi tinggi. Selanjutnya, keikutsertaan Unila dalam tim penyelenggara kegiatan tersebut juga diharapkan membuka peluang kerja sama dan pertukaran informasi ilmu pengetahuan, riset, dan aplikasi teknologi terkini di berbagai bidang ilmu seperti teknologi manufaktur, biomedik, dan biomaterial (implant material untuk manusia), energi dan lingkungan, serta teknologi sistem mikro-elektro-mekanikal (MEMS) dengan berbagai kalangan akademisi dan peneliti internasional.

Dari kerja sama ini, selanjutnya diharapkan akan menunjang target Unila untuk dapat menyelenggarakan konferensi internasional secara mandiri dalam rangka menyambut ulang tahun emas yang ke-50 Universitas Lampung tahun 2015 ini.[] Inay

Check Also

Daftar Nama Calon Mahasiswa Fakultas Teknik Unila yang Lulus Jalur SNMPTN 2017

Segenap Staff dan Pimpinan Fakultas Teknik Universitas Lampung, mengucapkan selamat kepada para calon mahasiswa Fakultas …

Leave a Reply

%d bloggers like this: