Tim Robot Unila Juara III Kontes Robot Nasional Regional Sumatera

Tim Robot Unila Juara III Kontes Robot Nasional Regional Sumatera

(Unila) : Tim Robot Universitas Lampung (Unila) kembali membukukan namanya di ajang Kontes Robot Nasional Regional Sumatera 2013 di GOR Saburai Bandar Lampung beberapa hari (18—20/4) lalu. Tim Unila dari Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik mengirim 2 tim/divisi pada kontes robot kali ini. Tim tersebut mengikuti kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) untuk divisi robot beroda dan berkaki.
Hasilnya, divisi beroda dengan nama tim/robot ‘Rajabasa’ berhasil mendapatkan Juara III dan akan di lombakan di tingkat nasional di Semarang. Tim beranggotakan Hadi Prayogo, Hendi Setiawan, dan Akhmad Harry Susanto, dengan Pembimbing M. Komarudin,S.T.,M.T. ini berhasil mengungguli lawan-lawan tangguhnya. Sedangkan divisi berkaki yaitu nama tim/robot ‘Arsyad’ yang beranggotakan M. Cahyonyo, Supriyadi, dan Yusuf Tantomi, dengan Pembimbing Yuliarto Raharjo,S.T.,M.T. berada di posisi 8.
“Namun, kami kami tidak pernah akan putus asa dengan apa yang sudah diraih, karena itu semua adalah buah kerja keras kami. Ke depan, kami akan berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Karena kami yakin memang akan menjadi yang terbaik,” ungkap Hadi yang mengaku ini adalah kontes terakhirnya, karena ia akan wisuda.
Menurut Hadi, yang juga merupakan ketua tim, torehan tiga besar itu memang karena rasa optimis yang sudah ada. “Karena, saat simulasi kita juga juara,” tuturnya. Menurut Hadi, seluruh tim berisikan mahasiswa angkatan 2009, maka dari itu untuk kontes kali ini mereka mengajak adik tingkat mereka (angkatan 2010) untuk ikut serta. Hal ini baik untuk melatih mental penerus tim robot Unila.
Memang, masih menurut Hadi, peminat robot di Unila masih kurang. “Padahal kita selalu adakan rekrutmen, tidak hanya dari jurusan Teknik Elektro saja. Semua jurusan di Unila bisa bergabung dengan tim robot Unila. Kami ingin membagi pengetahuan, selain itu ingin mengenalkan jika robot bukanlah hal yang rumit. Asal ada kemauan belajar yang kuat pasti bisa,” paparnya.
Kontes Robot Nasional Regional Sumatera ini diadakan oleh Ditjen Dikti bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Teknokrat Lampung. Tujuannya adalah meningkatkan kreativitas, daya saing, serta pengembangan teknologi mahasiswa perguruan tinggi di tanah air, khususnya dalam pengembangan teknologi bidang robotika.
Kontes robotika bertema Indonesia Hijau ini memperlombakan 5 cabang, yakni Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) beroda dan berkaki, Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).
Kontes ini merupakan bagian dari kegiatan kontes robot nasional yang akan digelar di Semarang pada bulan Juli mendatang. Pemenang dalam kontes robot selanjutnya kemudian akan mewakili Indonesia dalam kontes Robocon tahun 2013 yang akan dilaksanakan Agustus 2013 Vietnam.
Kontes robot regional ini dilaksanakan dalam 5 wilayah meliputi wilayah Sumatera untuk regional I, Jakarta dan Jawa Barat untuk regional II, Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk regional III. Kemudian, Jawa Timur untuk regiona IV, wilayah Indonesia bagian Timur dan Kalimantan untuk regional V.[] Andro

Sumber dari sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>