Teknik Mesin Unila Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah

Teknik Mesin Unila Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah

Kamis, 12 November 2020, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unila menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Jurnal Internasional Bereputasi bagi 39 dosen di lingkungan Fakultas Teknik, dengan materi pokok meliputi motivasi, strategi, dan tips publikasi bertempat di Aula A.21 Fakultas Teknik.

Kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Jurnal Internasional Bereputasi dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan yang mewakili Dekan Fakultas Teknik.
“ Kita akan dorong percepatan penambahan jumlah guru besar di Fakultas Teknik melalui peningkatan jumlah publikasi ilmiah pada jurnal internasional”. Ujar Ahmad Zaenudin saat membuka pelatihan.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Badaruddin yang merupakan dosen dari jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unila. Beliau memaparkan beberapa materi yakni kriteria jurnal internasional bereputasi, juga tugas dan tanggung jawab dalam publikasi karya ilmiah untuk kenaikan jabatan akademik reguler sebagai penulis pertama dan korespondensi.

Sebagai akademisi, dosen memiliki kewajiban untuk melakukan kegiatan riset, menulis dan mempublikasikan hasil risetnya. Bahkan, untuk naik pada jenjang jabatan akademik lektor kepala dan guru besar, dosen diwajibkan memiliki publikasi pada jurnal ilmiah internasional yang bereputasi dan terindeks. Dalam upaya meningkatkan kemampuan dosen untuk menulis artikel yang akan di publikasi pada jurnal internasional.

” kita ingin meningkatkan kuantitas serta kualitas publikasi pada jurnal ilmiah bereputasi internasional, disisi lain kemampuan menulis pada jurnal internasional masih rendah. Untuk itu pelatihan penulisan artikel ilmiah ini sangat penting dan strategis dalam rangka meningkatkan daya saing perguruan tinggi “. Ujar Amrul, sebagai ketua jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik saat memberikan laporan. hmsft/13/20

Check Also

FAKULTAS TEKNIK UNILA LAKSANAKAN SINTA

  Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas riset di perguruan tinggi, Kementerian Pendidikan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: