Teknik Geofisika Berencana Dirikan Empat Laboratorium‏

(Unila) : Jurusan Teknik Geofisika Fakultas Teknik Universitas Lampung (FT Unila) berencana mendirikan empat laboratorium dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Keempat laboratorium meliputi Laboratorium Geofisika Eksplorasi, Laboratorium Geofisika Mitigasi Bencana Geologi, Laboratorium Pengolahan dan Pemodelan Data Geofisika, serta Laboratorium Geofisika Lingkungan dan Rekayasa.

Dekan Fakultas Teknik Unila Prof. Dr. Suharno, M.Sc. mengatakan, rencana pendirian empat laboratorium ini menindaklanjuti surat Ketua Jurusan Teknik Geofisika Nomor 19/UN26/7.4/DT/2014 tanggal 30 Januari 2014, perihal Permohonan SK Pembentukan laboratorium Teknik Geofisika. Menurut dia, hal ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pelaksanaan tri darma perguruan tinggi di Unila, yakni dengan mendirikan laboratorium untuk menunjang pelaksanaan perkuliahan di Jurusan Teknik Geofisika.

Nantinya, masing-masing laboratorium akan dipimpin oleh kepala laboratorium yang bertanggung jawab kepada Dekan Fakultas Teknik melalui Ketua Jurusan Teknik Geofisika. Biaya pembentukan laboratorium ini dibebankan pada DIPA Unila yang dibayar melalui anggaran Fakultas Teknik.

Dikatakan Suharno, keempat laboratorium tersebut rencananya ditempatkan di Jurusan Teknik Geofisika. Namun tidak menutup kemungkinan jurusan-jurusan lain yang berada di bawah fakultas teknik untuk melaksanakan praktikum atau menggunakan laboratorium tersebut. Jurusan Teknik Geofisika sudah menyiapkan empat ruangan kosong yang bisa dan layak untuk digunakan. Akan tetapi ruangan yang tersedia belum memenuhi standar kelayakan sebuah laboratorium sehingga diperlukan layout ruang sesuai bentuk dan kebutuhannya.

“Standar kelayakan yang akan dipenuhi antara lain harus mampu menunjang peralatan laboratorium yang akan digunakan untuk pelaksanaan praktikum, meubeler laboratorium, modul praktikum, serta rencana-rencana yang akan dikembangkan ke depan. Sehingga benar-benar layak dinyatakan dan digunakan sebagai laboratorium yang memenuhi standar kompetensi yang baik,” paparnya, Selasa (1/7).

Untuk pelaksanaan program tersebut, sambung dia, Jurusan Teknik Geofisika sudah membentuk tim yang bekerja untuk melaksanakan dan mengembangkan masing-masing laboratorium. Meliputi Dr. A. Zaenudin, S.Si.,M.T., yang bertugas di Laboratorium Geofisika Mitigasi Bencana Geologi, Dr. M. Sarkowi, S.Si.,M.Si., bertugas di Laboratorium Pengolahan dan Pemodelan Data Geofisika, Bagus S.M.,M.T., bertugas di Laboratorium Geofisika Eksplorasi, serta Rustadi, S.Si.,M.T., bertugas di Laboratorium Geofisika Lingkungan dan Rekayasa.

Terkait pengadaan peralatan laboratorium, Suharno menjelaskan, pada Februari 2014 lalu Jurusan Teknik Geofisika mendapatkan hibah dana APBN untuk pembelian peralatan laboratorium. Hal itu merupakan salah satu penunjang untuk keberlangsungan pelaksanaan kegiatan praktikum di Jurusan Teknik Geofisika. Untuk perencanaan Laboratorium Eksplorasi akan memfasilitasi beberapa kegiatan praktikum. Di antaranya praktikum seismik eksplorasi, magnetik, gravity, elektromagnetik (MT&CSAMT).

Laboratorium Geofisika Mitigasi Bencana Geologi akan memfasilitasi praktikum berupa mitigasi bencana geologi. Laboratorium Pengolahan dan Pemodelan Data Geofisika akan memfasilitasi berbagai praktikum untuk analisis data dan pemodelan geofisika. Sedangkan Laboratorium Geofisika Lingkungan dan Rekayasa akan memfasilitasi praktikum yang berkaitan dengan aplikasi geofisika di bidang rekayasa dan lingkungan.[] Inay

Check Also

Selamat Kepada Pemenang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2016

Universitas Lampung sebagai tuan rumah Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2016, mengucapkan selamat kepada Universitas …

Leave a Reply

%d bloggers like this: