Sejarah

Fakultas Teknik Univeristas Lampung pertama kali didirikan tahun 1968 dengan surat Keputusan Ketua Presidium Universitas Lampung yang waktu itu dijabat oleh Gubernur Daerah Propinsi Lampung yaitu Zainal Abidin Pagar Alam dengan Surat Keputusan Nomor 227/KPTS/Presd/1968 tanggal 5 juli 1968, tetapi karena kekurangan tenaga pengajar/dosen pada waktu itu Fakultas Teknik Universitas Lampung tidak dapat bertahan lebih dari tiga tahun.

Rapat Senat Universitas Lampung tanggal 16 Juli 1972 dengan menanggapi pendapat Direktur Pendidikan Tinggi, maka Fakultas Teknik pada pendirian yang pertama ini dibubarkan dan para mahasiswa dilampung pada fakultas-fakultas dalam lingkungan Universitas Lampung dan lain universitas.

Atas insiatif para pejabat (sarjana-sarjana teknik) yang kebetulan memegang peranan penting di Propinsi Lampung dan berkerjasama dengai Universitas lampung, usaha pembentukan kembali Fakultas Teknik dimasukkan kembali dalam konsep Program Opersional Universitas Lampung tahun 1977. Untuk maksud ini, pada tanggal 13 Januari 1978 dibentuk panitia pendiri Fakultas Teknik Universitas Lampung yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Sitanala Arsyad, Rektor Universitas Lampung pada waktu itu, dan wakil ketua Ir. Sigit Raharjo (Kepala Dinas pekerjaan Umum Tingkat I Propinsi Lampung). Realisasi pembentukan Fakultas Teknik ini berupa Surat Keputusan Rektor Unila Nomor 03/KPTS/R/1979 tanggal 8 Januari 1979, dengan nama Fakultas Teknik Sipil (persiapan) Universitas Lampung.

Dengan perjuangan yang gigih dari staf pimpinan Universitas Lampung dan Fakultas Teknik, maka pada bulan September 1982 Fakultas Teknik Universitas Lampung pendapat pengakuan yang dituangkan dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 43 tahun 1982 tanggal 7 September 1982 tentang Susunan Organisasi Universitas dengan nama Fakultas Non Gelar Teknologi (FNGT). Atas dasar Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia tersebut di atas, maka diterbitkan Surat Keputusan Rektor Nomor 93/KPTS/R/1982 tanggal 23 Nopember 1982 tentang penyelenggaraan Program D3 pada Fakultas Non Gelar Teknologi Universitas Lampung.

Dengan lahirnya Undang-undang Republik Indonesia No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional maka Universitas Lampung mengusulkan perubahan Fakultas Non Gelar Teknologi menjadi menjadi Fakultas Teknik. Pendirian Fakultas Teknik dituangkan dengan SK Mendikbud No. 035/KPTS/O/1991, tanggal 6 Juni 1991 tentang Pembentukan Program Sarjana Jurusan Sipil. Dengan demikian Fakultas Teknik Universitas Lampung mengelola:

  • Program D3 Teknik Jurusan sipil yang berbentuk Pendidikan Profesional dengan memakai Sistem paket
  • Program Sarjana Teknik Jurusan Teknik Sipil yang berbentuk Pendidikan Akademik dengan memakai sistem kredit semester (sks).

Tahun 1998 mulai dibuka Jurusan Teknik Elektro dan Teknik Mesin berdasarkan SK Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi tanggal 27 April 1998 Nomor 084/D/KEP/1998. Sedangkan Teknik Kimia mulai dibuka pada tahun 1999. Dengan demikian hingga saat ini Fakultas Teknik Unila telah memiliki 4 jurusan program sarjana, yaitu: Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Kimia. Untuk program diploma, terdiri dari 4 program diploma, yaitu: D3 Teknik Sipil, D3 Teknik Survey dan Pemetaan (berdiri tahun 1998), D3 Arsitektur Landscape (berdiri tahun 1998), dan D2 Teknik Mesin produksi dan Perawatan yang berdiri pada tahun 2003. Pada tahun ajaran 2004/ 2005 Jurusan Teknik Sipil membuka program baru yaitu Program Non Reguler Teknik Sipil, dan pada tahun 2005 Jurusan Teknik Elektro membuka program baru yaitu Program Non Reguler Teknik Elektro.

Dengan demikian Fakultas Teknik Universitas Lampung sampai dengan saat ini telah mengelola:

  • Program D3 Teknik Jurusan Teknik Sipil
  • Program Sarjana Teknik Jurusan Teknik Sipil
  • Program Sarjana Teknik Jurusan Teknik Elektro
  • Program Sarjana Teknik Jurusan teknik Mesin
  • Program D2 Teknik Jurusan Teknik Survey dan Pemetaan
  • D3 Arsitektur Landscape
  • Program Sarjana Teknik Jurusan Teknik Kimia
  • D2 Teknik Mesin produksi dan Perawatan
  • Program Non Reguler Teknik Sipil
  • Program Non Reguler Teknik Elektro

Kegiatan Fakultas Teknik dititikberatkan pada bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Pada bidang pendidikan Fakultas Teknik seialu berusaha meningkatkan mutu pendidikan baik dari segi prasarana maupun tenaga pendidikannya.

Pada awal berdirinya, Fakultas Teknik masih memerlukan tenaga bantuan dari luar Universitas Lampung, secara bertahap dengan bertambahnya tenaga tetap maka bantuan tenaga pengajar dapat dikurangi. Prasarana praktikum dan bengkel diadakan pula secara bertahap, bahkan untuk alat bengkel baru tersedia tahun 1990. Sesuai dengan tujuan pendidikan profesional yaitu mencetak tenaga terampil maka penambahan alat bengkel selalu diusahakan dan dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang ada.

Kegiatan penelitian dan rekayasa sipil masih merupakan tantangan bagi para sivitas akademika. Penelitian bagi dosen telah dilakukan sejak tahun 1980 dan makin lama jumlah kegiatan semakin meningkat. Disadari oleh pemerintah bahwasannya peningkatan mutu pendidikan tinggi sangat penting. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia mengadakan kerjasama dengan pemerintahan Jepang yang dikoordinir oleh proyek HEDS (Higher Education and Development Support).

Program-program yang dikembangkan melalui kerjasama dengan proyek HEDS, antara Lain: pengiriman tenaga pengajar untuk studi ke pasca sarjana, menyelenggaiakan penataran-penataran bagi staf pengajar, mengadakan lokakarya kepemimpinan, mengadakan pelatihan administrasi akademik, membantu pengadaan buku-buku perpustakaan (91 Judul) dan jurnal-jurnal teknik, membantu pengadaan alat-alat laboratorium, khususnya untuk laboratorium yang ada di Jurusan Teknik Sipil.

Pada tahun 1998, Fakultas Teknik, khususnya Jurusan Teknik Sipil mendapatkan bantuan dari proyek DUE (Development of Undergraduate Education) yang sumber dananya berasal dari Bank Dunia. Bantuan dari proyek tersebut berjalan selama 5 tahun dengan fokus kegiatan berupa pengembangan laboratorium, fasilitas pembelajaran, pengembingan SDM untuk melakukan studi lanjut, buku referensi dan lain-lain.

Pada saat ini, baik dosen maupun mahasiswa Teknik Sipil sudah merasakan manfaat dari proyek DUE tersebut dan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan.

Pada waktu yang bersamaan dengan adanya proyek DUE, yaitu dari tahun 1998 sampai 2002, Fakultas Teknik juga mendapat bantuan dari proyek EEDP ( Engineering Education Development Proiect) dengan sumber dana dari Asian Development Bank (ADB). Fokus kerjasama dengan proyek EEDP yaitu untuk pendirian Jurusan Teknik Mesin dan Jurusan Teknik Elektro. Kegiatan proyek tersebut antara lain mencakup: pendirian gedung kuliah dan laboratorium, pengadaan peralatan laboratorium, rekruitmen tenaga pengajar, pembangunan prasarana lingkungan, pengadaan fasilitas pembelajaran dan lain lain.

Pada saat ini Fakultas Teknik memfokuskan pada kegiatan pembangunan gedung perkuliahan untuk Jurusan Teknik Kimia dengan menggunakan dana dari APBN yang dilaksanakan dalam 3 tahun anggaran, terhitung sejak tahun 2002. Untuk menjaga keberlanjutan fungsi peralatan laboratorium dan investasi yang sudah ditanamkan di Fakultas Teknik, maka semenjak berakhirnya proyek HEDS, Fakultas Teknik Unila menjadi anggota dalam Forum HEDS yang melakukan kegiatan koordinasi dan pemantapan program kerja tahunan untuk memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan bidang keteknikan.

Fakultas Teknik Universitas Lampung saat ini mengelola:

  • Program Sarjana Teknik Jurusan Teknik Sipil
  • Program Sarjana Teknik Jurusan Teknik Elektro
  • Program Sarjana Teknik Jurusan Teknik Mesin
  • Program Sarjana Teknik Jurusan Teknik Kimia
  • Program Sarjana Teknik Jurusan Teknik Geofisika
  • Program D3 Teknik Survey dan Pemetaan
  • Program D3 Teknik Sipil
  • Program D3 Teknik Mesin
  • Program S2 Teknik Sipil
  • Program Sarjana Teknik Geodesi
  • Program Sarjana Teknik Arsitektur
  • Program Sarjana Teknik Informatika
  • Program S2 Teknik Mesin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>