Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin V – 2015 (Fifth Annual National Mechanical Design Competition – 2015)

Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKSTM) dari berbagai Jurusan/Prodi Teknik Mesin di Indonesia setiap tahun menyelenggarakan Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin (SNTTM) serta Musyawarah Badan Kerja Sama Teknik Mesin. Sejak 2011, kegiatan yang diselenggarakan oleh BKSTM tidak hanya melibatkan akademisi dan peneliti melalui SNTTM dan Musyawarah BKSTM, akan tetapi juga melibatkan mahasiswa dalam Lomba Tahunan Rancang Bangun Teknik Mesin, yang tahun ini memasuki tahun kelima. Melalui lomba ini, diharapkan mahasiswa Teknik Mesin Indonesia dapat mengembangkan kemampuan perancangan dan inovasi-nya dengan mempertimbangkan aspek-aspek keteknisan yang sudah dipelajari di perkuliahan. Keterlibatan mahasiswa dalam kompetisi yang membutuhkan ide-ide yang berguna bagi perkembangan teknologi akan meningkatkan kemampuan mahasiswa berinovasi serta kepedulian mahasiswa terhadap kemandirian bangsa melalui teknologi.

Lomba Tahunan Rancang Bangun Mesin merupakan satu-satunya kompetisi yang diselenggarakan oleh BKSTM se-Indonesia, sehingga merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa untuk dapat berpartisipasi dalam kompetisi ini. Disamping itu minat mahasiswa untuk lebih mendalami bidang keteknikmesinan diharapkan juga meningkat apabila mereka mampu menerapkan apa yang dipelajari menjadi sesuatu yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Tentunya dukungan dan partisipasi aktif dari pimpinan Jurusan, Departemen atau Program Studi untuk memotivasi mahasiswa di lingkungannya sangat diharapkan demi kesuksesan perlombaan ini.

Tujuan dari Lomba Tahunan Rancang Bangun Mesin V – 2015 ini adalah:

  • Untuk lebih memperkenalkan Jurusan/Departemen/Program Studi Teknik Mesin kepada masyarakat luas.
  • Sebagai sarana untuk menyalurkan ide atau inovasi dalam rangka memotivasi mahasiswa agar terus berkreasi dalam penyelesaian masalah-masalah terkait bidang keteknikmesinan.
  • Sebagai sarana untuk menyiapkan talenta-talenta muda yang kompetitif dan siap bersaing dalam dunia kerja.
  • Meningkatkan peran aktif mahasiswa dalam memajukan dan mengembangkan pengetahuan di bidang Teknik Mesin.
  • Sebagai sarana silaturhmi diantara mahasiswa Teknik Mesin dari bebagai perguruan tinggi di Indonesia untuk menciptakan arus informasi mengenai bidang keteknikmesinan.

Teknik Mesin Universitas Lampung, dinobatkan sebagai salah satu dari 10 Finalis ajang lomba ini, universitas lain yang menjadi pesaing Unila adalah; ITB, UNLAM, Univ. Sebelas Maret, UNDIP, BRAWIJAYA, UI, UNRI, UNRAM, ITS.

Tim lomba ini dibawah bimbingan beberapa orang Dosen dari Jurusan Teknik Mesin Unila (Di ketuai Pak Dr. Amrul), dengan Anggota sebanyak 4 orang Mahasiswa Teknik Mesin, yaitu;  Ali Mustofa, Danu Wigunarto, Prasetyo Budianto, Panly M.E.L , Judul yang diajukan dalam lomba ini adalah DESAIN SISTEM TERMAL COMPACT HEAT EXCHANGER BERBASIS ARDUINO   UNTUK PENGERING KAKAO MENGGUNAKAN HOT SPRING GEOTHERMAL  DI KAWASAN WAY BELERANG LAMPUNG SELATAN.

Rencananya kegiatan penilaian akan dilaksanakan pada;

Hari, tanggal : Rabu, 7 Oktober 2015
Waktu : 08:00-Selesai
Acara : Penjurian terhadap 10 finalis peserta RBM V.
Tempat : Hotel Palm Banjarmasin Jl. S. Parman No. 189

Universitas Lambung Mangkurat ditunjuk selaku panitia even tahunan ini. Semoga Universitas Lampung bisa mendapatkan prestasi maksimal.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>