Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT-18), di Universitas Lampung, 27-30 Agustus 2015

11929987_10153551769964561_1021594657_o

http://fstpt.unila.ac.id

FORUM Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT) sebagai wadah para peneliti dan pemerhati transportasi dari perguruan tinggi, akan menyelenggarakan simposium tahunan FSTPT ke-18, berpusat di Universitas Lampung. Kegiatan yang digelar 27 – 30 Agustus ini terkait juga dengan penyelenggaraan Festival Krakatau. Tema yang diangkat dalam simposium ini adalah “Konektivitas Infrastruktur Transportasi Dalam Mendukung Sistem Logistik Nasional”.

Pertemuan para ahli serta pemerhati dan peminat masalah-masalah transportasi ini dimaksudkan untuk menyediakan ruang diskusi dan berbagi ide dan atau hasil penelitian dari anggota FSTPT yang berkaitan dengan penguatan dan pengembangan sistem transportasi dan sistem logistik nasional.

Ketua Panitia Penyelenggara Dr. Rahayu Sulistyorini mengatakan, simposium FSTPT ke-18 diharapkan mampu menjadi penghubung antara perguruan tinggi, pengambil keputusan, dan para praktisi transportasi di Indonesia.

“Oleh karena itu, dukungan dan kerjasama dengan berbagai asosiasi profesi dan institusi pelaksana kebijakan transportasi diharapkan akan berperan terhadap suksesnya simposium. Direncanakan kegiatan simposium juga akan barengi dengan kegiatan pendukung lainnya, yaitu: workshop dan rapat anggota tahunan FSTPT,” tuturnya.

Sebagai daya tarik tambahan, lanjut Rahayu, kegiatan simposium FSTPT ke-18 akan diselenggarakan bersamaan dengan penyelenggaraan kegiatan Festival Krakatau, sebuah event tahunan yang sudah mendunia yang menjadi ikon kebudayaan Provinsi Lampung.

Dijadwalkan Menteri Perhubungan Ign. Jonan dan Menteri Pekerjaan Umum M. Basuki  Hadimulyono sebagai pembicara kunci dalam pertemuan ini. Selain itu Dr. Shinya Hanaoka dari Tokyo Institute of Technology, Mr. Leo Haring, ex Dir KA HTM Belanda, Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, MSc., PhD., Rektor Institut Teknologi Sumatera, Guru Besar pada Jurusan Teknik Sipil, Institut Teknologi Bandung.

Rahayu juga merinci, topik-topik makalah akan dibahas antara lain, kebijakan dan regulasi transportasi (transportation policy and regulation), sistem perangkutan dan logistic (freights and logistics), ekonomi dan pendanaan transportasi (economics and finance in transportation).

Selain itu juga operasional dan pemeliharaan dalam sistem dan infrastruktur transportasi (operation and maintenance of transportation systems and infrastructures), rekayasa dan manajemen lalu lintas (traffic engineering and management), dan masih banyak lain topik terkait. (*/drm)

Sumber: http://www.translampung.com/artikel-2915-ahli-dan-peminat-masalah-transportasi-adakan-simposium.aspx

Terlampir adalah beberapa foto kegiatan FSTPT-18 Universitas Lampung.

1

2

3

4

5

6

7

8

9


11

12

13

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>