Fakultas Teknik Universitas Lampung Menjadi Tuan Rumah Pertemuan Dekan Se-Indonesia Bagian Barat

17-20 Oktober 2018

Fakultas Teknik Unila menjadi tuan rumah Semirata (Seminar dan Rapat Kerja Tahunan)  Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia Wilayah Barat (BKS PTN-Barat) yang akan dilaksanakan dari tanggal 18 s.d. 20 Oktober 2018 di Hotel Emersia. Forum Teknik BKS PTN-Baratlai diketuai oleh Dekan Fakultas Teknik Unila, Prof. Suharno untuk masa jabatan 2 (dua tahun), tahun 2018 s.d. 2019.

Tema kegiatan Semirata Forum Teknik BKS PTN-Barat 2018 ini adalah, “PENGUATAN LINK AND MATCH ANTAR PERGURUAN TINGGI DAN KEMENTRIAN TERKAIT DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0”. Selain Dekan dan Wakil-wakil Dekan, Semirata ini juga akan dihadiri oleh perwakilan Kementrian PUPR dan Kemenristekdikti, juga berbagai pembicara dan perserta dari berbagai negara. Rangkaian acara Semirata Forum Teknik BKS PTN-Barat tersebut adalah sebagai berikut:

  

  1. Seminar Internasional Bidang Teknik, Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan (ICETsAS 2018)

 

Kegiatan Seminar Internasional oleh Dr Misfa Susanto, salah satu dosen FT Unila yang merupakan seorang doctor lulusan Inggris. Setelah melalui beberapa diskusi, diputuskan bahwa nama seminar tersebut adalah International Conference on Engineering, Technologies, and Applied Sciences 2018 (ICETsAS 2018) dan ICETsAS 2018 mengambil Tema “Welcoming the 4th Industrial Revolution through innovative and creative research and development in Engineering, Technologies and Applied Science”. Untuk itu ICETsAS 2018 mengundang 3 pembicara kunci yang berasal dari luar negeri dan 1 orang pembicara kunci berasal dari dalam negeri. Hal yang membuat istimewa ICETsAS 2018 adalah pembicara-pembicara kunci tersebut sudah meliputi semua stakeholder yaitu dari akademisi, industri, dan pemerintah. Pembicara kunci tersebut adalah Prof. Yim Fun Hu (University of Bradford, Inggris), Prof. Yoshihiro Narita (Hokkaido University, Jepang), Ir. Ali Mundakir, Dipl. Eng., M.Eng. (Pertamina Geothermal Energy, Indonesia), dan Mr. Yunus Mousa Mayat (City of Bradford Metropolitan District Council, Inggris).

ICETsAS 2018 bertujuan sebagai wadah bagi para peneliti dan praktisi dari kalangan universitas, industri dan pemerintah untuk mendiseminasikan dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian serta bertukar ide mengenai tren-tren riset ilmu pengetahuan yang berkembang pada saat ini. Selain itu ICETsAS 2018 juga berkesempatan dan bertekad untuk menjadi salah satu media promosi wisata daerah Provinsi Lampung.

Setelah melalui beberapa promosi mengenai penyelenggaraan, panitia ICETsAS 2018 cukup surprise dengan antusias dan minat yang besar dari para calon peserta untuk berpartisipasi pada ICETsAS 2018. Pada akhir batas pengiriman artikel panitia menerima 127 artikel ilmiah, yang semula hanya ditargetkan hanya 50 artikel. Namun demikian, tidak semua artikel imiah dapat diterima pada ICETsAS 2018. Dari 127 artikel tersebut, panitia telah menyeleksi, menelaah dan memutuskan hanya menerima 87 artikel yang dapat diakomodasi oleh ICETsAS 2018. Ragam institusi asal peserta seminar dan penulis artikel juga cukup mengejutkan, yang semula ditargetkan dan diharapkan sebagian besar berasal dari anggota-anggota BKS PTN Barat Bidang Teknik, ternyata asal peserta meliputi hamper semua provinsi dari dalam negeri dan juga ada yang berasal dari luar negeri. Peserta dari dalam negeri selain anggota-anggota BKS PTN Barat yaitu Aceh, Sumatra Utara, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Riau, Serang, dan lain sebagainya, juga ada yang berasal dari universitas-universitas dan lembaga penelitian di Pulau Jawa, bahkan sampai ke daerah timur Indonesia seperti NTT, Manado, dan lain-lain. Peserta dan penulis yang berasal dari luar negeri berasal dari Inggris, Australia, Jepang, dan Malaysia.

Harapan panitia, dengan suksesnya jumlah peserta dengan minat yang besar tersebut akan diikuti oleh sukses pelaksanaan ICETsAS 2018 pada tanggal 18 Oktober 2018 untuk pemaparan dan 19 Oktober 2018 untuk wisata sosial ke Pulau Pahawang dan Pembangkit Listrik Panas Bumi PT Pertamina Geothermal Energy Ulubelu.

 

  1. Workshop mengenai Global Smart City

Global Smart City Workshop merupakan kegiatan workshop yang diselenggarakan sebagai bagian dari kerjasama penelitian bersama antara Universitas Lampung dan University of Bradford, Inggris, yang didanai dari skema penelitian Institutional Links British Council dan Hibah Penelitian Kerjasama Luar Negeri Kemenristekdikti. Workshop ini sendiri akan menjadi forum untuk berdiskusi mengenai konsep, inisiatif dan implementasi smart city. Pembicara yang diundang dan akan berbicara berjumlah 8 (delapan) orang terdiri dari 2 (dua) orang dari pemerintahan (masing-masing dari Pemerintah Kota Bradford dan dari Pemerintah Provinsi Lampung), 2 (dua) orang praktisi (masing-masing dari dari PGNCom dan dari Kaze Digital Indonesia), dan 4 (empat) orang akademisi (masing-masing dari University of Bradford, ITB, UBL dan Unila). Sebagai chair dari workshop ini sendiri adalah Dr. Eng. Helmy Fitriawan (Fakultas Teknik, Universitas Lampung) dan sebagai co-chair adalah Prof. Yim Fun Hu (University of Bradford, Inggris). Informasi mengenai jadwal dan profil pembicara workshop dapat dilihat di laman situs http://icetsas.unila.ac.id/index.php/workshop-2/

 

  1. SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN SAINS, TEKNIK DAN APLIKASI INDUSTRI (SEMNAS SINTA 2018)

Tema:  Riset Perguruan Tinggi – Ekplorasi Hulu Demi Hilirisasi Produk

Kegiatan penelitian di Perguruan Tinggi yang digalakkan oleh Pemerintah dengan tinjauan luaran penelitian, memacu para peneliti untuk menghasilkan output yang mendapat pengakuan tinggi baik dalam bentuk artikel jurnal internasional bereputasi maupun dalam bentuk paten produk/proses yang pada akhirnya mengarah kepada hilirisasi hasil penelitian dalam bentuk bisnis produk riset.  Berdasarkan kepada hal tersebut, Fakultas Teknik Universitas Lampung (FT UNILA) akan menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Hasil Penelitian Sains, Teknik dan Aplikasi Industri (SINTA 2018) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk penelitian Perguruan Tinggi, berdiskusi tentang perkembangan penelitian terkini dalam bidang sains dan keteknikan dan meningkatkan peluang kerjasama antar bidang bagi para peneliti.  FT UNILA mengundang para peneliti baik akademisi maupun industriawan Indonesia untuk mempresentasikan hasil-hasil penelitian pada kegiatan tersebut.

Pembicara Kunci :

  • Dr. Eng. Gunawarman, M.T ; Akademisi, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Andalas
  • Sudibyo, M.Sc. ; Peneliti, Balai Penelitian LIPI Lampung
  • Eka Sari, M.T; Akademisi dan Pengembang Hilirisasi Produk Riset, Jurusan Teknik Kimia, Universitas Sultan Agung Tirtayasa, Banten
  • Mulyadi Irsan, M.T; Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbangda) Provinsi Lampung
  • Dr. Ahmad Saudi Samosir, M.T; Akademisi, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Lampung

Seminar dihadiri oleh 75 peserta yang merupakan para peneliti yang berasal dari Perguruan Tinggi di Indonesia, seperti Universitas Jambi, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia.  Terdapat 5 bidang utama yang diseminarkan, yaitu: (1) Teknik Kimia dan Lingkungan, (2) Teknik Elektro, Elektronika, Teknologi Informasi dan Komputer, (3) Teknik Geologi, Geofisika dan Geodesi, (4) Teknik Sipil dan Arsitektur dan (5) Teknik Mesin dan Manufacturing Industri, (6) Sain Terapan.

Website : http://eng.unila.ac.id/sinta/

Check Also

Pengumuman Perpanjangan Pengisian KRS Semester Ganjil 2018-2019

Yth. Bapak/Ibu Dosen Mahasiswa Fakultas Teknik Diinfokan bahwa pengisian KRS Semester Ganjil 2018-2019 diperpanjang s.d. …

%d bloggers like this: