Fakultas Teknik UNILA mengadakan Pelatihan Pengembangan Potensi Mahasiswa Baru 2018

Kegiatan ini diselenggarakan FT Unila untuk membekali mahasiswa baru dengan berbagai wawasan dunia Pendidikan Tinggi dan keterampilan pengembangan diri agar kelak memiliki karakter yang baik dan mampu bersaing di pasar kerja. Mengingat begitu banyaknya peserta mahasiswa baru 2018 (670 mahasiswa) maka peserta dibagi menjadi 2 kelompok pada tanggal 27 dan 28 Oktober 2018 bertempat di Asarama Haji Bandar Lampung.
Pihak panitia penyelenggara yang diketuai oleh Dr. Khairudin mendatangkan motivator ulung dari POLBAN Bandung, Dr Arman. Materi pelatihan berupa sistem pendidikan tinggi, persiapan strategi dan rencana belajar, kedisiplinan dan konsep Kaizen (continuous improvement) untuk pencapaian prestasi akademik, serta sistem kerja kelompok.
“Kegiatan ini mengadopsi filsafat KAIZEN dari Jepang” demikian diungkapkan oleh doktor alumni Jepang ini. Kaizen berpandangan bahwa hidup kita hendaknya fokus pada upaya perbaikan terus-menerus lanjut ketua program Sistem Pembinaan Mahasiswa Baru Fakultas Teknik (SIMPATIK) ini.
Wakil dekan 3 bidang kemahasiswaan Fakultas Teknik, DR. Masdar Helmi menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kegiatan ini, bahkan akan dijadikan kegiatan wajib bagi mahasiswa baru Fakultas Teknik setiap tahunnya dalam rangka menyongsong revolusi industri tahap 4 ( IR4.0). Kaizen yang pada awalnya merupakan suatu metode Improvement yang sangat populer di Jepang untuk meningkatkan produktifitas perusahaan yang menghantarkan perusahaan-perusahan jepang menjadi leader dibidang industri di dunia, berkembang penerapannya di berbagai organisasi dan lembaga non perusahaan, demikian ditambahkan Masdar, lulusan Nottingham UK ini. Kami sangat optimis, metode pembinaan model Kaizen ini akan berhasil memberikan aura baru bagi semua mahasiswa Fakultas Teknik Unila dimasa dating, pungkas alumni Fakultas Teknik Unila angkatan 91 ini.

Check Also

Fakultas Teknik Universitas Lampung Menjadi Tuan Rumah Pertemuan Dekan Se-Indonesia Bagian Barat

17-20 Oktober 2018 Fakultas Teknik Unila menjadi tuan rumah Semirata (Seminar dan Rapat Kerja Tahunan)  …

%d bloggers like this: