Fakultas Teknik Gelar Diklat Penulisan KTI Bagi PLP

Peserta Diklat Penulisan KTI antusias mendengarkan penjelasan narasumber.
(Unila) : Fakultas Teknik Universitas Lampung (FT Unila) menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP). Kegiatan bertajuk Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) ini dihelat selama tiga hari mulai 15 hingga 17 Oktober mendatang.

PLP Ahli Muda Fakultas Teknik Unila Abdurachman Effendi, S.T., M.TI., selaku panitia pelaksana mengatakan, diklat semacam ini baru kali pertama digelar fakultas teknik karena profesi PLP di Unila sendiri merupakan jabatan fungsional baru di Unila yang diadakan pada 2011 lalu. Kegiatan ini diikuti sebanyak 43 peserta, terdiri dari tenaga teknisi dan PLP yang berasal dari fakultas teknik, fakultas pertanian, fakultas MIPA, dan fakultas kedokteran.

Abdurachman menjelaskan, pranata laboratorium merupakan jabatan fungsional dalam dunia pendidikan yang sebelumnya dikenal sebagai laboran. Pranata laboratorium pendidikan adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan pengelolaan laboratorium pendidikan.

Penulisan karya ilmiah dan implementasi keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi PLP dalam melakukan kegiatan pengelolaan laboratorium. Bahkan, katanya, bagi jenjang jabatan PLP Terampil Penyelia dan PLP Ahli, penulisan karya tulis merupakan butir kegiatan yang diwajibkan untuk kenaikan jabatan dan pangkat.

Selain itu mengingat risiko keselamatan dan kesehatan kerja yang cukup tinggi, pihaknya meyakini diklat K3 ini sangat dibutuhkan. Melalui diklat ini para peserta bisa memperoleh bimbingan dan petunjuk tentang implementasi keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium.

Selain memersiapkan diri untuk bisa melakukan penulisan karya ilmiah dan penelitian, menurutnya program ini sangat lah penting dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya manusia teknisi dan PLP. “Kami (PLP, red) berharap ke depan pimpinan dan jajarannya dapat memberikan ruang serta alokasi anggaran penelitian baik yang berasal dari DIPA fakultas maupun universitas. Di beberapa perguruan tinggi lainnya, penelitian bagi PLP sudah mulai digulirkan,” ujarnya.

Turut hadir dalam diklat Pembantu Dekan Fakultas Teknik Drg. Eng. Helmi Fitriawan, Sri Ratna Sulistyanti yang merupakan Dosen Teknik Elektro sekaligus anggota tim Penilaian Angka Kredit (PAK) PLP Unila sekaligus narasumber KTI, serta Dosen Kimia FMIPA Manager puncak/Kepala UPT Laboratorium Biomas Andi Setiawan Ph.D selaku pemateri implementasi K3.[] Inay

Check Also

Selamat Kepada Pemenang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2016

Universitas Lampung sebagai tuan rumah Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2016, mengucapkan selamat kepada Universitas …

Leave a Reply

%d bloggers like this: